Jaringan 4G LTE FDD, TDD dan 4G LTE Advance di Indonesia

Teknologi 4 G LTE Indonesia Pada Tahun 2015 hadir layanan jaringan 4G di Indonesia dari berbagai operator seluler di Indonesia. Jaringan 4G LTE terdiri dari 3 jenis teknologi, yaitu: FDD, TDD, dan LTE Advanced. Berikut ini penjelasan dari ketiga jenis teknologi tersebut.
Jaringan 4G LTE
Jaringan 4G LTE
4G LTE FDD

FDD kependekan dari Frequency Division Duplexing, cara pengantaran data menggunakan dua buah channel yang berbeda antara transmit dan receive. Kebanyakan operator seluler GSM seperti Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat saat ini masih menggunakan teknologi LTE FDD. Menggunaakn teknologi ini memiliki kelebihan pada keseimbangan antara upload dan download, karena masing-masing berjalan pada frekuensi yang berbeda. Cara kerja FDD sendiri diklasifikasikan sebagai sistem full duplex. Ini berarti bahwa baik upload dan download selalu tersedia. Karena FDD menggunakan dua saluran yang berbeda untuk mengunduh dan mengunggah data.

4G LTE TDD

TDD kependekan dari Time Division Duplexing, dimana data diantarkan dan diterima dalam satu channel frekuensi yang sama, hanya dengan pemisahan jeda waktu yang singkat. Teknologi TDD sendiri diklasifikasikan sebagai sistem setengah duplex - yang memiliki karakteristik sangat cepat ketika memberi akses unduh (download), namun untuk kecepatan akses unggah (upload) cenderung lemah atau lambat. Hal ini disebabkan karena proses mengirim dan menerima data terjadi pada frekuensi yang sama, tetapi masing-masing hanya berlangsung sepersekian detik, bergantian antara keduanya dan tidak begitu terasa. Teknologi TDD sendiri sangat cocok untuk data yang dikirimkan secara asimetris, misalnya untuk browsing internet, video surveillance atau broadcast. TDD dapat mengalokasikan lebih banyak waktu untuk bagian yang membutuhkan lebih banyak bandwidth, sehingga menyeimbangkan beban data. 

4G LTE Advanced

Teknologi LTE Advanced atau yang sering disebut 4G+ merupakan pengembangan lanjutan dari teknologi LTE yang memungkinkan jaringan memiliki pencapaian coverage area yang lebih luas, lebih stabil dan lebih cepat. Operator seluler seperti Smartfren, telah menggunakan teknologi 4G LTE Advanced pada layanannya. Dengan menggabungkan LTE FDD dan TDD, layanan 4G LTE smartfren mencakup semua layanan 4G LTE yang berlaku di Indonesia, yakni pada frekuensi 900MHz hingga 2300MHz. Jika menggunakan 4G LTE biasa kecepatan transfernya antara 10-100Mbps, sedangkan jika menggunakan LTE Advanced, kecepatan transfer data mencapai 100-300Mbps. Operator seluler Indonesia yang sudah menerapkan 4G LTE Advanced baru Smartfren saja, namun Indosat Ooredoo juga akan menyusul Smartfren dengan menggunakan frekuensi 2.300MHz pada awal 2016 mendatang.

Berikut ini daftar band frekuensi LTE di Indonesia:

  • Telkomsel: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz / (direncanakan akan ditambah: B40 TDD LTE frekuensi 2.300MHz)
  • Indosat Ooredoo: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz / (direncanakan akan ditambah: B40 TDD LTE frekuensi 2.300MHz)
  • XL Axiata: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Tri Indonesia: B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz (direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2016)
  • Smartfren: B5 FDD LTE frekuensi 850 Mhz / B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz
  • Bolt: B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz

Related Posts:

Artikel Disarankan