Teknologi Layar Ponsel




Teknologi Layar Ponsel - Pada saat ini terdapat berbagai jenis ponsel yang memiliki teknologi layar yang berbeda beda. Karakteristik layar tersebut memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Berikut ini beberapa tipe teknologi yang sering digunakan pada ponsel yang beredar di Indonesia:


 1.  TFT (Thin Film Transistor) atau LCD (Liquid Crystal Display)
Teknologi layar tipe ini menggunakan satu transistor dan lebih menekankan kepada kualitas gambar tetapi lebih banyak menggunakan listrik sehingga akan cepat menghabiskan listrik yang terdapat dalam baterai.
2.  IPS (In-Plane Switching) LCD (Liquid Crystal Display)
Teknologi layar tipe ini menggunakan dua transistor dan lebih menekankan kepada sudut penglihatan yang lebih baik dan efeknya menjadi lebih hemat baterai. Jenis layar IPS LCD ini banyak kita jumpai dalam smartphone kelas menengah ketas
3.  S-LCD (Super-Liquid Crystal Display)
Teknologi layar tipe ini terkenal dari sisi kecerahan layarnya serta sudut pandang yang lebih lebar yang dapat memberikan kontribusi maksimal untuk kualitas media visual.
4.  OLED (Organic Light Emitting Diode)
Teknologi layar tipe ini memiliki beberapa keunggulan dibanding LCD, antara lain: lebih tipis, ringan dan sudut pandang yang lebih baik. Namun kelemahan layar jenis ini adalah sulit dilihat bila berada di bawah sinar matahari.
5.  AMOLED (Active matrix Organic Light Emitting Diode)
Teknologi layar tipe ini menampilkan sepasang bagian dari layar TFT tradisional dengan layar OLED sehingga respon yang lebih cepat. Layar ini extra tipis dan tidak membutuhkan back light sehingga mampu mengatur besaran pixel dengan konsumsi daya lebih rendah. Kelebihan Layar AMOLED:
  • Memiliki kecerahan yang sangat tinggi.
  • Teknologi AMOLED memiliki pengaturan warna RGB, sehingga hasil video serta foto tampak begitu stabil.
  • Mampu menghemat daya hingga 40%.
  • Masih tetap terlihat jernih, meski digunakan saat berada dibawah sinar matahari langsung.
6.  Super AMOLED
Teknologi layar tipe ini diciptakan sebagai perbaikan dari teknologi AMOLED. Super AMOLED diklaim mampu terlihat lebih baik meskipun berada langsung di bawah sinar matahari. Biasanya ponsel dengan teknologi super AMOLED memiliki harga jual yang tinggi karena merupakan teknologi layar yang terbaik saat ini.

Related Posts:

Artikel Disarankan